Wednesday, October 07, 2009

TAKE AND GIVE

Suatu saat, saya menerima SMS dari seorang sahabat yang isinya:
"Mungkin aq adalah orang yang ditakdirkan untuk selalu memberi perhatian kepada orang lain… tetapi bukan orang yang ditakdirkan untuk menerima perhatian orang lain.."

Saya tertegun..
kata-kata itu keluar dari mulut seorang sahabatku yang setahu saya dia adalah orang yang dapat diandalkan untuk setiap situasi, menyenangkan, easy-going dan realistis…

Apa yang dikatakannya cukup membuat saya bercermin terhadap apa yang telah saya perbuat selama ini.... perilaku dan perhatian saya kepada setiap orang yang saya jumpai, teman-teman bahkan keluarga Jangan-jangan saya lupa memberi perhatian orang-orang yang telah mencurahkan segala kasih sayangnya padaku…

Kita selalu lupa... dalam hidup yang berhubungan dengan orang lain selalu ada take and give.. memberi dan menerima. Ada yang selalu memberi tanpa (mau) menerima, atau juga selalu menerima tanpa (mau) memberi (atau diberi??).

Manusia memang pelupa… dan tidak sempurna.. atau memang tidak pernah mau belajar mengatasi kekurangan-kekurangannya???

Bentuk perhatian itu sangat sederhana.. bahkan begitu sederhana sehingga kita jarang melakukannya..
Misalnya menelepon saudara/orang tua untuk sekedar menanyakan kabar, atau menyapa teman, tetangga.. atau mengucapkan terima kasih sambil tersenyum kepada orang lain.

Atau ketika sedang ada yang curhat, kita bisa menjadi pendengar yang baik tanpa perlu berkomentar..
karena ada orang yang menceritakan sesuatu hanya dengan tujuan untuk sekedar cerita.. bukan meminta nasehat atau saran. Pendengar yang baik adalah pendengar yang bisa menciptakan suasana nyaman saat orang lain berbicara dan bercerita. Jangan banyak tanya, mengusik hal-hal sensitif, ingin tahu dan memaksa. Kita hanya perlu diam, menatap wajahnya, mengangguk dan tunggu saja.. ia akan bercerita lebih banyak lagi. Berilah pendapat dan saran ketika ditanya.

Bisa juga dengan cara mengirimkan sms yang sederhana… saya pernah mengalaminya.. di saat sedang bete dikantor, tiba-tiba seseorang mengirim sms sederhana.. "….. ‘HI’ will make you smile.. Have a nice day!". Dan memang, setelah saya membacanya, lalu tersenyum dan kembali bersemangat menyelesaikan hariku dengan baik.

Atau jeli dengan perubahan-perubahan yang dialami orang lain. Memberi pujian pada baju baru, sepatu baru, mungkin badan yang tambah berisi atau langsing. Katakan semuanya dengan manis, dan perhatian itu tidak akan pernah dilupakan orang lain. Jangan pelit untuk memuji seseorang untuk hal-hal baik, dan jangan takut untuk mengkritik orang untuk tujuan yang baik.

Hmm..
Mungkin ini adalah beberapa cara yang lambat laun berkembang dengan sendirinya, sehingga semua indra kita jeli terhadap sekeliling kita. Sehingga kita bisa memberi perhatian kepada semua orang dan lingkungan kita...

0 komentar: